Indikator dan bobot sinergi Kampus Bela Negara antara lain sebagai berikut

No

Kategori dan Indikator

1.     Pendidikan dan Pengajaran

1.1

Adanya Mata kuliah wajib berbasis kebangsaan, misalnya Pancasila, Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia (atau sebutkan apabila dalam nama mata kuliah yang lain).

1.2

Adanya Mata kuliah wajib berbasis pendidikan moral keagamaan

1.3

Adanya Mata Kuliah wajib berbasis kebudayaan, kearifan lokal, kebhinekaan, etika moral, misalnya Ilmu Budaya Dasar, Antropologi.

1.4

Adanya Mata Kuliah wajib berbasis pelestarian lingkungan, misalnya Ilmu Pengetahuan Lingkungan, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L).

1.5

Kuliah Kerja Nyata sebagai Mata Kuliah wajib dapat berupa : Reguler, Tematik, Khusus (antara lain Latihan Integrasi Taruna Dewasa (Latsitarda), Surya Baskara Jaya (bakti TNI Angkatan laut), TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

1.6

Rajin belajar bagi kepentingan bangsa dan negara tercermin dalam Masa Studi yang semakin pendek dan rata-rata Indeks Prestasi Kumulative (Lulusan) yang semakin tinggi. Sebutkan rata-rata masa studi dan rata-rata IPK lulusan tahun terakhir.

2.     Penelitian

2.1

Terdapat skim Penelitian bertemakan Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, serta Kebhinekaan.

2.2

Penyelenggaraan penelitian tentang ketahanan pangan dan pertanian

2.3

Penyelenggaraan penelitian tentang Harmoni Bangsa dan Kebudayaan

2.4

Penyelenggaraan penelitian tentang Pengentasan Kemiskinan

2.5

Penyelenggaraan penelitian tentang Mitigasi Bencana dan Lingkungan

2.6

Penyelenggaraan penelitian tentang Ketahanan Energi serta Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan

2.7

Penelitian kelembagaan bertema Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Kebhinekaan.

3.     Pengabdian kepada Masyarakat

3.1

Terdapat skim pengabdian kepada masyarakat bertemakan Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, Kebhinekaan, dan Harmonisasi Bangsa.

3.2

Penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat kelembagaan berbasis pemberdayaan masyarakat di bidang ipoleksosbudhankam

3.3

Penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat berbasis pengentasan kemiskinan 

3.4

Penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat berbasis penguatan kapasitas dalam penanggulangan bencana

3.5

Terdapatnya Pusat Studi berbasis Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Kebhinekaan

3.6

Dilaksanakannya Pengabdian kepada masyarakat kelembagaan bertemakan Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Kebhinekaan

4.     Kegiatan Kemahasiswaan

4.1

Pengenalan Kehidupan Kampus bertemakan Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Kebhinekaan

4.2

Terdapatnya UKM berbasis Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Kebhinekaan, misalnya Pramuka, Menwa, Korps Sukarela, Mapala.

4.3

Terdapatnya penelitian oleh mahasiswa yang bertemakan Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Kebhinekaan, misalnya PKM, Skripsi, dan Karya Tulis lainnya.

4.4

Terdapatnya Pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa bertemakan Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Kebhinekaan, misalnya PKM, KKN, Bakti Sosial.

4.5

Kuantitas dan kualitas prestasi mahasiswa yang mengharumkan nama almamater, bangsa dan negara, misalnya dalam bidang olahraga, seni dan budaya, serta IPTEK.

5.     Pendidikan Karakter dan Softskill

5.1

Adanya Pelatihan soft skill bagi Dosen dan Karyawan bertemakan Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Kebhinekaan, misalnya Outbound.

5.2

Adanya Pelatihan soft skill bagi mahasiswa bertemakan Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Kebhinekaan, misalnya Kuliah Umum atau Seminar.

5.3

Adanya Pelatihan Dasar bagi Dosen dan Karyawan bertemakan Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Kebhinekaan, misalnya Baris Berbaris, Caraka Malam, dan Pelatihan Dasar Militer.

5.4

Adanya Pelatihan Dasar bagi Mahasiswa bertemakan Kebangsaan dan Kenegaraan, Cinta Tanah Air, Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Kebhinekaan, misalnya Latihan Kepemimpinan.

5.5

Adanya Pelatihan Tanggap Darurat, Pengurangan Risiko, atau Mitigasi Bencana

5.6

Adanya Pelatihan berbasis pemberdayaan masyarakat

6.     Sikap dan Perilaku

6.1

Dosen dan tenaga kependidikan mengenakan seragam minimal satu minggu 1x

6.2

Mahasiswa diwajibkan mengenakan seragam minimal satu minggu 1x

6.3

Dilaksanakannya upacara bendera pada hari-hari besar nasional

6.4

Dilaksanakannya upacara bendera secara rutin, misalnya setiap Senin atau setiap tanggal 17 pada setiap bulannya

6.5

Dilaksanakannya apel pagi/apel sore bagi Dosen/Karyawan dan Mahasiswa

6.6

Ketaatan pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, adanya mekanisme penghargaan dan sanksi yang berlaku bagi semua sivitas akademika

6.7

Jumlah sivitas akademika  yang berperan aktif dalam organisasi kemasyarakatan atau profesi

7.     Alumni

7.1

Jumlah Alumni yang menduduki posisi strategis di Profesinya, misalnya Direktur BUMD atau BUMN, serta Pejabat Eselon.

7.2

Jumlah alumni yang peduli terhadap situasi dan kondisi masyarakat, daerah, bangsa dan tanah air, serta lingkungan, misalnya anggota WALHI, WWF, PMI, BASARNAS, BNPB, atau BPBD

7.3

Jumlah alumni yang berperan serta terhadap penyelesaian permasalahan masyarakat dan bangsa, misalnya di bidang ketahanan pangan dan pertanian, ketahanan energi, pengentasan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, dan penanggulangan bencana

7.4

Jumlah sivitas akademika dan alumni yang berperan aktif dalam organisasi kemasyarakatan, profesi dan politik

7.5

Jumlah alumni yang ikut serta mengharumkan nama almamater, bangsa dan Negara dengan meraih prestasi/penghargaan di bidang akademik, olah raga, kesenian, sosial, ekonomi, politik dan budaya.

8. Sarana dan Prasarana

8.1

Adanya Komponen Kebijakan Pengadaan Barang yang menggunakan produk dalam negeri.

8.2

Adanya lingkungan yang bersih, hijau dan sehat. 

8.3

Sarana prasarana yang ada dalam setiap kegiatan sivitas akademika adalah ramah lingkungan dan ramah terhadap kaum disabilitas

8.4

Terdapat sarana prasarana yang ada dalam  kegiatan sivitas akademika menggunakan konsep daur ulang, misalnya tempat sampah atau pot bunga

8.5

Terdapat kampanye cinta lingkungan dan hemat energi, misalnya hemat air, matikan ac dan listrik, dilarang menginjak rumput, bangunan hemat energi, dll.