Referensi Indikator Khusus

Indikator Khusus.

a.Lingkungan pendidikan.
   1). Pelajar/Mahasiswa
      a).    Menjadi contoh baik sikap maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
      b).    Senantiasa disiplin dalam memanfaatkan waktu, mulai dari masuk sekolah, pada saat belajar, pada saat mengerjakan tugas, hingga kegiata di luar sekolah.
      c).    Memiliki prestasi yang dapat dibanggakan baik oleh orang tua maupun sekolah.
      d).    Menjaga kebersihan dan kerapian, mulai dari diri sendiri, lingkungan kelas hingga lingkungan sekolah.
      e).    Menjaga ketertiban serta menjaga kerukunan/persatuan dan kesatuan baik di sekolah maupun di luar sekolah.
      f).    Mentaati peraturan dan tata tertib sekolah/kampus.
      g).    Menghargai dan menghormati guru dan orang tua.
      h).    Memahami Lambang dan Simbol-simbol negara.
   2).    Guru/Dosen.
      a).    Menjadi contoh baik sikap maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
      b).    Mampu menjelaskan secara teori dan contoh implementasi nilai bela negara dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah/kampus maupun di luar sekolah/kampus.
      c).    Mampu menjadi contoh/teladan bagi murid/mahasiswa dalam kedisiplinan, kebersihan dan kerapihan baik dalam kelas maupun di luar sekolah.
      d).    Mempu mendorong/memajukan peserta didik agar mempunyai prestasi.
      e).    Menegur atau memperingatkan siswa/mahasiswa yang salah dan mendidiknya kearah yang baik.
      f).    Menjaga persatuan dan kesatuan serta persaudaraan antar guru/dosen serta murid/mahasiswa.
      g).    Senantiasa meningkatkan kemampuan dalam pengetahuan dan profesionalisme sebagai modal dalam memajukan pendidikan.

b. Lingkungan pekerjaan.
   1).  Instansi Pemerintah
      a).    Menjadi contoh baik sikap maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
      b).    Disiplin dan tepat waktu dalam bekerja maupun pelayanan kepada masyarakat.
      c).     Selalu mentaati peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
      d).    Dapat menjadi contoh/teladan bagi masyarakat dalam disiplin, kebersihan dan ketertiban lingkungan.
      e).    Menjaga persatuan dan kesatuan serta persaudaraan antar pegawai/karyawan.
      f).     Senantiasa meningkatkan kemampuan dalam pengetahuan dan profesionalisme.
      g).    Senantiasa berusaha untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).
      h).    Mampu menghargai pendapat orang lain.
      i).     Mampu menerapkan pola hidup sederhana di dalam dan di luar kantor.
      j).     Mampu menciptakan lingkungan pekerjaan yang tertib, bersih dan aman.